Analisa SWOT
Analisa SWOT
adalah sebuah analisa yang dicetuskan oleh Albert Humprey pada dasawarsa
1960-1970an. Analisa ini merupakan sebuah akronim dari huruf awalnya yaitu Strenghts
(kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat
(Ancaman).
Metoda analisa
SWOT bisa dianggap sebagai metoda analisa yg paling dasar, yg berguna utk
melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yg berbeda. Hasil analisa
biasanya adalah arahan/rekomendasi utk mempertahankan kekuatan dan menambah
keuntungan dari peluang yg ada, sambil mengurangi kekurangan dan menghindari
ancaman.Jika digunakan dengan benar, analisa SWOT akan membantu kita untuk
melihat sisi-sisi yg terlupakan atau tidak terlihat selama ini.
Analisa ini
bersifat deskriptif dan terkadang akan sangat subjektif, karena bisa jadi dua
orang yang menganalisis sebuah organisasi akan memandang berbeda ke empat
bagian tersebut.Hal ini diwajarkan, karena analisis SWOT adalah sebuah analisis
yang akan memberikan output berupa arahan dan tidak memberikan solusi
ajaibâ dalam sebuah permasalahan.
Analisis SWOT
merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu
masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan
faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats.
Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari
strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang
terjadi bukan sebagai pemecah masalah.
Analisis SWOT
terdiri dari empat faktor, yaitu:
1. Strengths (kekuatan)
2. merupakan kondisi kekuatan yang
terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang
dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau
konsep bisnis itu sendiri.
2.
Weakness (kelemahan)
merupakan kondisi
kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang
ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh
organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
3.
Opportunities
(peluang)
merupakan kondisi
peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan
peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya
kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
4.
Threats (ancaman)
merupakan kondisi
yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau
konsep bisnis itu sendiri.
Setelah itu
dibuat pemetaan analisis SWOT maka dibuatlah tabel matriks dan ditentukan
sebagai tabel informasi SWOT. Kemudian dilakukan pembandingan antara faktor
internal yang meliputi Strength dan Weakness dengan faktor luar Opportunity dan
threat. Setelah itu kita bisa melakukan strategi alternatif untuk dilaksanakan.
Strategi yang dipilih merupakan strategi yang paling menguntungkan dengan
resiko dan ancaman yang paling kecil.
Selain pemilihan alternatif analisis Swot juga
bisa digunakan untuk melakukan perbaikan dan improvisasi. dengan mengetahui
kelebihan (Strength dan opportunity) dan kelemahan kita (weakness dan threat),
maka kita melakukan strategi untuk melakukan perbaikan diri. Mungkin salah satu
strateginya dengan meningkatkan Strength dan opportunity atau melakukan
strategi yang lain yaitu mengurangi weakness dan threat.
Analisis SWOT untuk Menjadi Bidan Terbaik
v KEKUATAN (STRENGHT)
Ø Pantang
menyerah jika terjadi kesulitan
Ø
berkomitmen pada ucapan
Ø Mampu
bekerja keras
Ø
Bertanggung jawab pada perbuatan / pekerjaan
Ø Mampu
memehami materi dan praktek kebidanan
v KELEMAHAN
(WEAKNESS)
Ø Kurang
percaya diri bila berbicara di depan umum
Ø Kurang
konsisten dalm mengambil keputusan
Ø Ceroboh
dalam bertindak
Ø Terlalu
mudah lupa
Ø Terlalu
egois dan mudah emosi
Ø Terlalu
mementingkan diri sendiri
v
KESEMPATAN (OPPORTUNITY)
Ø Kurangnya
bidan desa
Ø
Menurunkan AKI dan AKB
Ø Kehamilan
dan persalinan yang aman
Ø BPM
berkualitas
Ø Adanya
dukungan dari keluarga
v ANCAMAN
(THREAT)
Ø Banyaknya
lulusan kebidanan
Ø Banyak
bidan senior yang lebih berpengalaman
Ø Banyak
bidan di indonesia
Ø Tenaga
kerja yang lebih berkompeten
Ø
Meningkatnya persaingan di antara lulusan AKBID
Manfaat analisa SWOT dalam pelayanan
kebidanan;
- Sebagai panduan bagi bidan untuk menyusun berbagai kebijakan strategis terkait rencana dan pelaksanaan di masa akan datang. Dengan adanya analisa ini, maka diharapkan bidan atau BPM akan mampu memilih kebijakan dan rencana terbaik untuk perkembangan pelayanan di masa akan datang.
- Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan strategis dan sistem perencanaan sebuah pelayanan. Analisa SWOT akan membantu bidan dalam memikirkan berbagai upaya evaluasi kebijakan yang dirasa merugikan dan mana yang menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan terbaru sebagai solusi berbagai masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa SWOT tersebut.
- Memberikan informasi mengenai kondisi BPM, selanjutnya melalui informasi yang ada tersebut akan menjadi pedoman bagi bidan untuk melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah ada.
- Memberikan tantangan ide-ide baru bagi pihak bidan. Adanya berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian dari manajemen pelayanan untuk menemukan berbagai ide kebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada.
0 komentar:
Posting Komentar